Topkapi Palace istana sultan Ahmet Istanbul Turki

Dear All,

Topkapi Palace Istanbul Turki. Istanbul, Turki, tak hanya menyimpan keindahan alam yang luar biasa mempesona. Di Istanbul, wisatawan juga bisa napak tilas sejarah para nabi.

Salah satu tempat yang jadi prioritas wisata di Istanbul antara lain Topkapi Palace atau Istana Topkapi. Istana Topkapi juga berada satu kompleks dengan Hagia Sophia yang legendaris, dan Blue Mosque nan indah. Tempat-tempat itu menggambarkan kejayaan Islam di masa lalu.

Topkapi Palace tak lain adalah istana tempat tinggal kekhalifahan Ottoman selama hampir 400 tahun. Lokasi istana ini masih di kawasan Sultanahmet yang merupakan old city Istanbul, yang dekat dengan Hagia Sophia dan Blue Mosque.

Topkapi Palace menyimpan berbagai peninggalan Nabi Muhammad SAW, sahabat dan keluarganya. Selain itu juga ada sejumlah barang penting yang melekat di Kabah tempo dulu. tapi sayang semua benda peninggalan itu tidak boleh di Photo,

Untuk memasuki ruangan ini para wisatawan harus sabar mengantre sangat panjang. Selain itu tidak diperkenankan mengeluarkan kamera atau ponsel untuk memotret.

Begitu masuk ruangan, sejumlah pedang milik para sahabat Nabi Muhammad dipajang. Agak ke dalam ruangan pertama, anda bisa menyaksikan talang emas, pintu kabah, gembok kabah, dan tempat penutup sudut hajar azwad di kabah, subkhanallah rasanya seperti di Makkah.

Di ruangan ini terdengar lantunan ayat suci Alquran yang 24 jam diperdengarkan nonstop. Ada 3 orang yang bergantian membaca Alquran selama 24 jam sejak Istana Topkapi berdiri. Subkhanallah.

Selain itu di ruangan lain ada pula peninggalan Rasulullah SAW seperti gigi, jenggot, jubah, pedang, dan jejak telapak kaki Rasulullah yang dipahat di batu. Tak hanya itu, ada juga pedang nabi Daud dan pedang para sahabat (Umar bin Khatab, Ali bin Abi Thalib, dan Ustman bin Affan) dan baju-baju kekhalifahan. Ada pula tongkat Nabi Musa yang digunakan untuk membelah laut. Tak sedikit wisatawan yang berkaca-kaca menahan haru di depan kotak kaca peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Beberapa Photo di Topkapi Palace

Leave a comment